Penelitian case cintrol obesita

Untuk meneliti paparan langkah 4. Tidak menghadapi kendala etik seperti pada penelitian eksperimen atau cohort d. Sayangnya di Indonesia belum ada daerah yang benar benar mempunyai registrasi yang baik, sehingga terpaksa diambil kasus dari pasien yang berobat ke rumah sakit hospital based.

Yang dimaksud kasus di sini adalah anak balita yang memenuhi criteria malnutrisi yang telah ditetapkan. Desain Penelitian 1. Penentuan efek harus sudah didefenisikan denganjelas dalam usulan penelitian.

Penelitian case control dapat digunakan untuk mencari hubungan seberapa jauh faktor resiko mempengaruhi terjadinya suatu penyakit. Untuk meneliti masalah tersebut, maka kita perlu mengetahui prinsip-prinsip dasar dan metode-metode penelitian epidemiologi yang dapat digunakan untuk penelitian awal.

Tahap ketiga: Selanjutnya peneliti melakukan pencatatan semua keterangan yang telah diperoleh sesuai tujuan penelitian.

Tidak perlu intervensi waktu, lebih ekonomis sebab subyek bias dibatasi. RO, walaupun tidak sama dengan risiko relative akan tetapi dapat dipakai sebagai indicator adanya kemungkinan hubungan sebab akibat antara faktor risiko dan efek.

Biasanya menggunakan metode 24 jam 24 hours recall. Tidak dapat diapakai untuk menentukan lebih dari 1 variabel dependen, hanya berkaitan dengan satu penyakit atau efek. Oleh karena kasus maupun control dipilih oleh peneliti maka sukar untuk meyakinkan bahwa kedua kelompok tersebut benar sebanding dalam pelbagai faktor eksternal dan sumber bias lainnya.

Contoh sederhana: Selanjutnya data yang diperoleh disajikan dalam tabel. Subyek yang terkena efek kasuskarena ingin mengetahui penyebab penyakitnya lebih sering melaporkan faktor risiko dibandingkan dengan subyek yang tidak terkena efek kontrol c.

Kekurangan penelitian cross sectional: Demikian pula, tidak ada subjek yang kehilangan kesempatan memperoleh terapi yang diperkirakan bermanfaat, bagi subjek yang kebetulan menjadi control. Misalnya, pada penelitian kasus-kontrol untuk mencari faktor-faktor risiko penyakit jantung bawaan, apabila dipergunakan kasus prevalens, maka hal ini tidak menggambarkan keadaan sebenarnya, mengingat sebagian pasien penyakit jantung bawaan mempunyai angka kematian tertinggi pada periode neonates atau masa bayi.

Menentukan kelompok terpapar dan tidak terpapar Pada studi kohort, harus diperhatikan mengenai penentuan kelompok yang akan mendapat paparan dengan kelompok yang tidak akan mendapat paparan.

Kesesuaian dengan logika normal dalam membuat inferensi kausal 2. Adanya kesamaan ukuran watu antara kelompok kasus dengan kelompok control b.

contoh penelitian study case control

Hal ini menjadi sangat penting karena beberapa hal.PERBEDAAN CASE CONTROL, STUDI CROSS SECTIONAL DAN STUDI KOHORT Cross sectional Case control Kohort Definisi Rancangan studi epidemiologi yang Rancangan studi epidemiologi yang mempelajari Rancangan studi yang mempelajari.

Penelitian Case Control adalah rancangan epidemiologis yang mempelajari hubungan antara paparan (amatan penelitian) dan penyakit, dengan cara membandingkan kelompok kasus dan kelompok kontrol berdasarkan status paparannya.

Mempelajari seberapa jauh faktor risiko mempengaruhi terjadinya lawsonforstatesenate.com: Elsaherlinda.

jurnal penelitian case control pdf

jurnal penelitian case control pdf - berikut ini adalah jurnal penelitian case control pdf yang bisa anda download secara gratis di website kami. Skip to content Contoh Jurnal.

PERBEDAAN CROSS SECTIONAL, CASE CONTROL DAN COHORT

Biasanya desain penelitian case control dalam survey epidemiologi menggunakan uji chi-square, regresi logistik dan odds ratio.

Tetapi jika bentuk hipotesanya asosiatif, maka dipersilahkan untuk menggunakan uji korelasi, tentunya dalam memilih jenis uji Author: Anwar Hidayat.

A. PENGERTIAN CASE CONTROL Penelitian case control merupakan penelitian jenis analitik observasional yang dilakukan dengan cara membandingkan antara kelompok kasus dan kelompok kontrol berdasarkan status paparannya. Kekurangan penelitian case control: a. Tidak diketahuinya efek variable luar oleh karena keterbatasan teknis yaitu variable yang tidak ikut dikenakan waktu lawsonforstatesenate.com: Erlyna Lulaa Fhalila.

Penelitian case cintrol obesita
Rated 4/5 based on 77 review